Sabtu, 25 Januari 2014

PROFILE

Visi Perguruan Tinggi:
Pada tahun 2015 sebagai Pusat pengembangan pendidkan dan pelatihan kejuruan yang berkualitas untuk menghasilkan manusia industri yang bermartabat

Misi Perguruan Tinggi:
Transformatif dan pemberdayaan
Profesionalisme dan kewirausahaan
Kreatifitas dan kemandirian
Orientasi mutu dan pengembangan berkelanjutan

SEJARAH DAN STATUS POLITAMA
A. Sejarah Singkat Politeknik Pratama Mulia.
Dilatarbelakangi oleh keinginan luhur untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, pada tanggal 11 Mei 1983 didirikan Yayasan Sari Baruna Asih yang bergerak di bidang pendidikan, utamanya pelatihan ketrampilan dan pendidikan tinggi.
Pada tanggal 1 Juni 1992, Yayasan Sari Baruna Asih (YSBA) mendirikan Politeknik Pratama Mulia (Politama) berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 186/Dikti/0/1992, Politama memperoleh pengakuan status Terdaftar , dengan tiga jurusan, yaitu: Teknik komputer, Teknik mesin, dan Sekretari.
Dalam perkembangannya, melalui persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 349/Dikti/Kep/1997, tertanggal 25 Agustus 1997 POLITAMA menambah tiga jurusan baru, yaitu: Teknik Elektronika, Akuntansi, dan Agrobisnis
Pada tahun 1999, POLITAMA membuka program Diploma I: Teknik Mesin, Teknik Elektronika, Sekretari dan Akuntansi , yang memperoleh persetujuan Kopertis Wilayah VI No. 1015/006.2/AK10/1999. Pada tahun 2003 POLITAMA membuka program studi baru Diploma III, yang telah memperoleh persetujuan Direktur Pembinaan Akademik dan kemahasiswaan No. 307/02/ 2003, yaitu: Teknik Otomatif, Manajemen Infor-matika, dan Manajemen Perusahaan. Saat ini, POLITAMA memiliki sembilan program studi seperti tersebut di atas, di antaranya telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

B. Tujuan Politeknik Pratama Mulia
Menyelenggarakan pendidikan yang partisipatif, inovatif, dan profesional.
Menghasilkan lulusan yang memiliki kehalian khusus yang relevan dengan kebutuhan pasar-kerja, yang siap-kerja sebagai wirausaha maupun bekerja pada pihak lain.
Menjalin kerjasama kemitraan, dengan instansi pemerintah, dunia-industri, lembaga swadaya masya-rakat, dan lembaga donor luar negeri untuk penyelenggaraan pendidikan dan penyaluran/penye-rapan lulusannya

C. Pengelola
Yayasan Sari Baruna Asih (YSBA) , sebagai yang tersebut dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 186/Dikti/0/1992 tanggal 1 Juni 1992, bertindak sebagai pendiri sekaligus pengelola POLITAMA. Selain POLITAMA. YSBA juga mengelola 2 unit pendidikan lainnnya, yaitu: Lembaga Pendidikan Pratama Mulia (pendidikan luar sekolah) dan LBPP-LIA SOLO (pendidikan bahasa Inggris) yang berlokasi di Kampus Bhayangkara, Jl.Bhayangkara no.10, Surakarta.

SISTEM PENDIDIKAN
Sistem pendidikan program Diploma III Politeknik Pratama Mulia Surakarta diselenggarakan berdasarkan SKS (Satuan Kredit Semester) dengan beban studi 110-120 sks terbagi dalam 6 (enam) semester. Dengan waktu studi maksimal s/d 10 semester, sedang untuk Program Diploma I dengan beban 40 s/d 50 SKS terbagi dalam 2 semester dengan penajaman profesionalisme.
Sistem Kredit Semester adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dimana beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pangajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dinyatakan dalam kredit. Satu semester setara dengan 16-19 minggu kerja.
Tujuan penerapan sistem kredit di perguruan tinggi di Indonesia adalah agar perguruan tinggi tersebut dapat lebih memenuhi tuntutan pembangunan, karena didalamnya dimungkinkan penyajian program pendidikan yang bervariasi dan fleksibel, sehingga memberi kemungkinan lebih luas kepada mahasiswa untuk memilih program menuju suatu macam jenjang profesi tertentu yang dituntut oleh pembangunan.
Kegiatan pendidikan dan pengajaran meliputi aktifitas :
  • Tatap muka terstruktur dan mandiri.
  • Penjelasan secara demonstrasi.
  • Praktikum.
  • Ceramah ilmiah dan seminar.
  • Kuliah Kerja Lapangan (KKL).
  • Praktek Kerja Lapangan (PKL).
  • Tugas Akhir (Rancang Bangun atau Magang)
PRASARANA & SARANA PENDIDIKAN
Untuk mendukung proses belajar mengajar, POLITAMA telah melengkapi prasaran pendidikan berupa: ruang kuiah ber-AC dengan alat multi-media, ruang laboratorium dan bengkel, perpustakaan, dan laboratorium internet. Pada beberapa laboratorium, telah dilengkapi sarana dan prsarana yang yang memadai, dan akan selalu ditambah jumlahnya, serta pemutakhirannya sesuai dengan perkembangan teknologi. Kerjasama penyelenggaraan pendidikan (yang berupa perbaikan kurikulum, penggunaan sarana pendidikan, fasilitas magang dan kerja praktek) dan penyerepan lulusan juga terus diupayakan oleh POLITAMA melalui kerjasama kemitraan dengan instansi pemerintah, LSM, dan dunia industri

JURUSAN/PROGRAM STUDI
Program Studi Diploma 3:
1. Teknik Mesin
2. Teknik Elektro
3. Teknik Otomoif
4. Teknik Komputer
5. Manajemen Informatika
6. Sekretari
7. Agrobisnis
8. Manajemen perusahaan
9. Akuntansi

PROFIL LULUSAN
Lulusan POLITAMA selain menjadi karyawan, teknisi, dan operator, juga diarahkan utnuk berwirausaha dan tenaga pemasaran. Untuk itu, kepada lulusan tidak hanya dibekali dengan ijazah kelulusan, tetapi juga: sertifikat bahasa asing (bahasa inggris dari LBPP-LIA SOLO), sertifikat Profesi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi, yang akan sangat berguana bagi para lulusan dalam melamar pekerjaan. Kesuksesan dalam dunia kerja ditentukan oleh 70% technical skill dan 30% soft-skill/soft competence.

HUBUNGAN INDUSTRI
Untuk membantu memperlancar lulusan mendapatkan pekerjaan, POLITAMA telah melakukan kerjasama:
  • Penyediaaan informasi lowongan kerja dengan instansi pemerintah, industri, dan pengguna lulusan lainnya.
  • Pelatihan persiapan melamar pekerjaan
  • Selalu menyesuaikan kurikulum dengan industri
Sampai saat ini, lulusan POLITAMA bekerja pada beragam lapangan kerja seperti:
  • Sebagai PNS di berbagai instansi dan BUMN
  • Karyawan industri sebagai teknisi, supervisor
  • Staff perusahaan dan Perbankkan
  • Wirausaha
  • Tenaga Pemasaran, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar